Jumat, 10 Desember 2010

Urutan Menginstal DevExpress

Komponen tambahan ini sangat banyak sekali fitur yang disuguhkan. Style yang menyerupai office 2007 seperti ribbon, sidebar, page control, toolbar, image, data control dan lain-lain. Terlihat begitu smooth dan sangat elegant sekali. Jika Anda berminat ingin mencoba komponen tersebut silakan download sendiri :). Dilengkapi dengan demo-nya juga lho! untuk mengetahui cara penggunaan komponen-komponen tersebut.

Adapun petunjuk instalasi sebagai berikut :

  • Pastikan borland delphi telah ter-install dengan sempurna sebelumnya. Disini, saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara meng-install delphi.
  • Extract file DevExpress yang telah anda download tadi. Hasilnya berupa folder dengan nama 'DevExpress'. Kalo Anda g punya aplikasinya bisa download WinRar.
  • Copy folder DevExpress ini ke ....\Program Files\Borland\Delphi7\ (tempat anda meng-install delphi).
  • Install komponen DevExpress dengan membuka tiap folder yang ada di dalam folder DevExpress kemudian cari folder package. Disana terdapat file ber-type delphi package, pilih file tersebut sesuai dengan versi delphi anda. Misal, Delphi 7 maka akan ada file bernama ....7.dcu kemudian klik file tersebut. Perhatikan langkah di bawah ini dengan seksama!a. Pertama akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


b. Kemudian dari tampilan di atas tadi pilih option. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Pilihlah designtime and runtime kemudian klik tombol 'OK'.


c. Kemudian tampilan akan kembali ke langkah a dan tekanlah tombol 'compile'. Jika muncul tampilan seperti di bawah ini .

cari unit atau source (.pas) dari nama yang diberi warna merah seperti gambar diatas. Source tersebut ada terdapat di dalam folder cari folder dengan nama 'source'. Tanda tersebut memberitahukan bahwa file tersebut belum ditambahkan. Adapun cara penambahannya seperti di bawah ini yang terdapat pada tombol 'add' pada tampilan seperti langkah a.


Copy url nama unit atau file yang belum ditambahkan tadi ke tampilan di atas. Atau browse nama unit atau file tersebut. Kemudian tekan tombol 'OK'. Jika berhasil akan muncul perintah seperti di bawah ini


Begitu seterusnya untuk tiap-tiap komponen yang ada.

Untuk memperlancar proses instalasi sebaiknya Anda mengikuti urutan langkah-langkah instalasi komponen di bawah. Adapun urutan langkah-langkah instalasi komponennya adalah sebagai berikut :
> XP Theme Manager
> ExpressGDI+ Library
> ExpressLibrary
> ExpressCommon Library
> ExpressBars 6
> ExpressNavBar
> ExpressDocking Library
> ExpressPageControl 2
> ExpressExport Library
> ExpressDataController
> ExpressEditors Library 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar