Jumat, 10 Desember 2010

Tentang Perhiasan Emas Dan Perak

1. KADAR EMAS DAN PERAK


Kadar Emas
Satuan kadar adalah karat. Karat adalah satuan terkecil dari berat kalau diperdagangan logam mulia dan batu mulia. Emas murni disebut mempunyai kadar 24 karat dan biasanya disimpan dalam bentuk batangan atau disebut dengan gold ingot. 1 gram adalah 5 karat (carat) tetapi setelah menjadi perhiasan, emas selalu dilabel dengan misalnya 10 gram 18 karat.

Di dunia perhiasan emas sering dijual dengan kadar 9 karat, 16 karat, 18 karat dan 22 karat. Di Indonesia umumnya 18K dan 22K. K menunjukkan stamp atau cap pada perhiasan emas yang menunjukkan kadar emas bersangkutan.

18K berarti emas yang anda beli dari dagang perhiasan emas mempunyai kadar 75% dari 24 karat. Atau 18:24x100%=75% dalam dunia dagang atau antara pedagang sering disebut sebagai 750. Biasanya pedagang ngitungnya 3 angka dibelakang koma. Soalnya selisih 0.055 gram saja kalau harga Rp.140,000/gram ya sudah sama dengan lebih kurang ongkos pasang 1 permata. Ini berarti dalam emas 18K terdapat 25% campuran lain, campuran ini disebut alloy. Biasanya alloy campuran dari kuningan murni, tembaga murni, perak murni, seng murni dan campuran lain sesuai rahasia masing-masing pabrik yang memproduksinya.

Kadar Perak
Perhiasan perak dalam dunia perdagangan sering distamp atau cap 925. Ada yang lainnya yaitu 800 dan biasanya tanpa K di belakang 925. Angka 925 ini menunjukkan 92,5% dari kadar murni 100%. Biasanya perak murni adalah 99,99%. Tidak 100%. Bahan baku biasanya disimpan dalam bentuk biji yang disebut klicir atau granulation.

Kenapa perhiasan tidak dibuat murni?
Kalau murni, perak maupun emas mudah penyok-penyok dan cepat gores atau kusam. Kurang keras. Campuran membuat keras dan cling inilah rahasia masing-masing pabrik. Perhiasan biar tetap kilap atau cling tetapi keras.

2. PANDUAN BELI EMAS DAN PERAK
Emas untuk investasi
Kalau untuk sekalian investasi pilihlah yang polosan atau tanpa permata. Sebab kalau jual lagi nanti akan lebih mudah. Asal ada surat semua toko emas biasanya mau beli lagi. Karena permata bisa rusak, gores atau cuil. Kalau sudah begini harga menjadi turun jauh. Apalagi kalau permata sampai hilang. Soalnya kebanyakan pedagang emas ngitung gram langsung ditimbang dengan permata. Memang berat permata jarang yang sampai diatas satu gram yang masuk ke perhiasan emas. Tapi tetap sebagai saran investasi perhatikan artikel ini.

Kenapa emas harus ada surat atau nota pembelian yang lama kalau jual lagi?
Tidak semua toko emas ahli menentukan kadar. Biasanya hanya bos dan pegawai kepercayaan yang bisa dan sebatas pengamatan bahwa ini emas asli. Untuk tahu kadar benar makan waktu dan teknologi. Ini pengetahuan sulit. Jadi akan sangat membantu pembeli dan penjual kalau menjual emas mesti ada surat karena di sana tertera kadar. Sebagai saran, di mana beli jualah di sana.

Perhatian waktu beli

* Yang terpenting belilah yang bersih sekali. Maksudnya emas terkadang ada warna hijau pada pori-pori tertentu. Toko sering bilang: “Ini biasa”. Tidak, ini emas belum dicuci dengan benar. Ini masih ada sisa obat yang bisa menyebabkan alergi kulit. Biasanya menyebabkan gatal-gatal kalau bereaksi dengan kulit.
* Perhatikan permata jangan sampai cuil. Karena waktu jual akan berpengaruh kepada harga.
* Kalau beli kalung atau gelang pilih yang menggunakan kunci buatan mesin atau yang seperti hurup ‘S’, atau kunci yang disebut toggle. Sedang kunci buatan tangan biasanya bentuknya pencet-pencetan terkadang menjadi lemah kalau sudah umur tentu tidak bagus.

Beli perhiasan perak
Yang terpenting waktu beli perhiasan perak adalah yang berhubungan dengan kunci-kunci. Atau teknik kancing. Karena perak lebih lembut dari emas maka kunci akan sering menjadi tidak lagi kuat kalau sudah umur. Tidak bisa mental lagi. Tidak seperti kunci pada jam karena jam biasanya stenles yang di krom atau sepuh.

Terpenting lagi belilah perhiasan perak di toko yang terpercaya agar asli perak. Akhir-akhir ini perak sering dipalsukan dengan menggunakan bahan lain kemudian di khrom atau silver plating dan orang awam susah membedakan keaslian perak ini.

Perak asli yang dibuat dengan benar jarang membuat pemakai menjadi alergi yang biasanya menyebabkan gatal-gatal merah pada kulit.

3. Merawat perhiasan perak dan emas

Perak atau emas yang dibuat dengan cara-cara yang kurang benar dalam proses pencampuran kadar akan mudah kusam, berubah warna terkadang sampai hitam, tergores dan penyok-penyok.

Tergores dan penyok adalah kelalaian pemakai kalau ini yang terjadi hati-hati dengan barang berharga anda.

Penyebab mudah penyok atau gores bisa jadi karena kadar yang tinggi sehingga perak atau emas agak lembut. Sedang kusam atau hitam sebaliknya kadar perak atau emas mungkin rendah sehingga mudah oxidasi atau bereaksi dengan zat lain. Biasanya yang paling keras menyebabkan adalah garam dan belerang, ini berarti air laut dan mungkin mandi di air panas alami yang mengandung belerang. Atau yang lebih sering terjadi adalah malah bahan campurannya yang naik kepermukaan. Ini semacam hukum alam yang ringan mau naik ke atas. Ini terjadi juga sama benda padat namun agak lama. Biasanya kalau cincin emas pernah dipotong untuk dikecilkan ukurannya ia akan tampak garis potongannya. Ini patri yang muncul kepermukaan.

Sebenarnya garis merah itu adalah patri. Patri dibuat dengan menurunkan kadar emas sehingga berat jenis jadi turun dan lebih ringan dari berat jenis emas yang mau dipatri. Karena hukum yang ringan mau di atas maka garis potongan jadi tampak yang sebenarnya itu adalah warna patri.

Mungkin anda bertanya apa ini wajar? Ya. Tapi kalau benar cara-cara pengerjaannya ini akan terjadi mungkin puluhan tahun. Karena molekul terikat dengan baik.

Masalah umum perhiasan emas dan perak disebabkan oleh:

  • * Emas dan perak jadi kusam. Keringat anda mungkin agak mengandung garam sehingga perak terutama cepat sekali menjadi kusam dan bahkan hitam. Solusinya nggak ada selain sering-sering melakukan perawatan perhiasan perak. Sedangkan emas agak sulit menjadi kusam namun lama-lama akan kusam juga.

  • * Cepat menjadi kusam atau hitam. Disebabkan oleh campuran yang kurang sempurna waktu pembuatan ini biasanya perhiasan yang dikerjakan tangan atau 'hand made' susah untuk dirawat karena pasti akan cepat hitam lagi.

  • * Kusam atau hitam padahal nggak dipakai. Biasanya disimpan dalam waktu lama di lemari kayu. Pernis dan finishing kayu yang kurang sempurna bisa membuat cepat kusam dan hitam ini karena perak menjadi oksidasi oleh bahan-bahan finishing kayu.

  • * Kusam juga bisa disebabkan karena mandi di laut, air yang mengandung garam atau belerang. Perak dan emas sering oksidasi dengan garam dan belerang.

  • * Kusam dan hitam juga bisa karena penyimpanan di dalam tas atau sesuatu yang terbuat dari kulit. Pekerjaan kulit asli biasanya menggunakan bahan-bahan yang berhubungan dengan belerang atau amoniac. Atau mungkin juga perak anda menggunakan kalung kulit. Tidak semua kulit menyebabkan hitam kalau pekerjaan kulitnya itu dikerjakan dengan benar. Jadi kulit patut dicurigai sebagai penyebab barang emas atau perak jadi hitam.

  • * Emas berubah warna menjadi terlalu merah. Ini karena bahan campuran tembaga yang sudah muncul keluar permukaan. Ini hukum alam bahwa yang ringan selalu di atas. Sebabnya karena campuran kadar bisa tidak benar. Tetapi kalau dari awal sudah kemerahan ini adalah warna yang disebut rose gold.

  • * Merah yang muncul tidak merata. Ini masalah yang disebut mendung atau fire skill. Ini terjadi karena waktu proses pengerjaan ada patrian di daerah merah yang muncul. Ini campuran patri yang salah satunya adalah tembaga yang muncul ke permukaan.


Cara merawat yang benar:

  • * Laplah sesering mungkin perhiasan perak dan emas anda. Gunakan lap dan bahan abrasive seperti autosol yang banyak dijual di supermarket atau sering di bengkel sepeda motor. Lap gunakan yang lembut dan bagus dari kaos bekas bahan cotton atau katun yang sudah sering dicuci. Kapas juga bisa namun menggosoknya jadi agak susah.

  • * Simpan dalam tas kain sebelum masuk lemari atau tas kulit. Kalau ada silica gel yang mudah didapat di supermarket juga sangat bagus. Tempat lain yang aman adalah kotak kertas, plastic dan logam.

  • * Kalau emas atau perak anda sudah terlalu gores dan anda tidak keberatan untuk sedikit susut (sama, diservis ke tukang emas pun susut) gunakanlah amplas no. 1000 kalau sudah halus gunakan amplas no 2000 sampai halus boleh sekali-sekali celup di air. Kalau dirasa sudah cukup halus pakai saja autosol tadi untuk membuat cling lagi. Kalau belum cling artinya amplasan kurang. Ini disebut polishing. Cara ini tidak bisa dilakukan untuk barang-barang yang disepuh karena menyebabkan lapisan sepuh hilang.

  • * Permata buram. Sebenarnya permata buram juga bisa digosok dengan cara di atas namun memakan waktu lebih lama tergantung tingkat buramnya dan jenis permatanya. Kalau diamond jangan coba-coba karena ini permata paling keras di dunia. Sangat khusus, makanya mahal. Sebenarnya cara-cara menghaluskan permata sama dengan barang logam yaitu proses polishing atau amplas dan gosok seperti cara di atas.


sumber : kaskus

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar